Hai Ayah, Yuk Berbagi Peran dengan Bunda

Tidak sedikit anak yang merasa lebih dekat dengan sang bunda daripada ayahnya. Padahal peranan ayah sangat penting ketika si kecil masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu perlu adanya pembagian tugas seimbang mengenai pengurusan anak dengan suami yah bunda. Ingat yah ayah, sekarang anggota keluarga Anda bertambah satu. Kepentingan Anda sekarang sudah berubah. Tidak hanya untuk Anda dan istri, tapi juga untuk bayi Anda. Anda sekarang sudah menjadi orangtua. Ayah dan bunda harus berkolaborasi dengan baik agar bisa menjadi orangtua yang baik.

Pada saat ini, dukungan fisik maupun emosional suami kepada istri sangat dibutuhkan. Dukungan emosional suami bisa menguatkan mental istri bahwa ia mampu menjadi bunda yang baik. Sementara, dukungan fisik dibutuhkan untuk meringankan tugas rumah tangga yang selama ini dilakukan istri, agar istri tidak kelelahan dalam merawat bayi maupun rumah.

 

Beberapa hal yang bisa dilakukan ayah untuk membantu bunda setelah bayi lahir adalah:

 

Membantu melakukan tugas rumah tangga di saat bunda sedang sibuk merawat bayi, seperti membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring, atau bahkan memasak. Ayah juga bisa membantu mengerjakan tugas rumah tangga di saat bunda tertidur. Bunda mungkin harus mendapatkan lebih banyak waktu tidur karena pada malam hari biasanya ia terbangun untuk menyusui bayinya.

Membantu merawat bayi, seperti mengganti popok bayi, memandikan bayi, menggendong bayi, atau menemani bayi di saat bunda sedang sibuk mengerjakan tugas rumah tangga. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kedekatan antara Ayah dan bayi.

Luangkan waktu Ayah untuk berbicara dengan bunda. Si bunda mungkin ingin menceritakan sesuatu kepada ayah untuk meringankan bebannya. Kadang, bunda mengalami masalah saat menyusui dan hal ini mungkin bisa membuatnya stres. Namun, dengan hanya berbicara dengan Ayah, bunda mungkin akan merasa jauh lebih tenang. Sehingga, hal ini secara tidak langsung dapat membantu bunda dalam hal menyusui.

Tunjukkan kasih sayang Ayah kepada bunda, mungkin dengan pelukan dan ciuman. Saat ini bunda mungkin lebih sibuk merawat bayi, namun bukan berarti sayang bunda berkurang pada Ayah. Hanya saja bunda mungkin belum punya waktu untuk menunjukkannya. Nah, sekarang giliran Ayah untuk menunjukkannya lebih dulu, walaupun hanya hal kecil. Ini penting untuk mempererat hubungan Ayah dengan bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *