Bayi Rewel Susah Tidur? Lakukan 6 Hal Ini agar Ia Terlelap!

Bayi Rewel Susah Tidur? Lakukan 6 Hal Ini agar Ia Terlelap!

Bayi rewel – Pada saat baru lahir, tangisan bayi menjadi suara merdu yang ditunggu oleh kedua orang tuanya. Namun seiring berjalannya waktu, tangisan yang terus menerus terutama di malam hari tentu jadi masalah tersendiri. Bayi rewel susah tidur bisa disebabkan berbagai hal, yang kadang tidak disadari oleh orang tua. Namun tenang saja, ada 6 tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi si kecil yang rewel dan susah tidur dari babyhuki.co.id.

Cara Menidurkan bayi Rewel Yang Cepat!

Ayunkan bayi

Sembilan bulan berada di perut Bunda, si kecil terbiasa untuk terus bergerak dan berayun. Bahkan saat Bunda sedang tidur, buah hati di dalam perut tetap terayun karena gerakan tubuh sang ibu. Itulah mengapa bayi seringkali rewel saat ditidurkan di kasur, karena ia merasa asing ketika tidak ada gerakan dan ayunan sama sekali. Maka dari itu, saat bayi rewel, Bunda bisa menggendongnya dan mengayunkannya secara perlahan. Bunda juga bisa menggunakan kursi khusus bayi atau baby swing yang secara otomatis akan bergoyang perlahan untuk menidurkan buah hati.

Berikan pijatan pada si kecil

Sama halnya seperti pada orang dewasa, pijatan pada buah hati bisa menjadikannya lebih rileks dan mudah tidur. Bunda bisa memijat si kecil di bagian perut, dada, tangan, serta kakinya, dengan minyak telon Baby Huki yang penuh kehangatan alami karena kandungan minyak kayu putih, minyak adas, dan juga minyak kelapa.

Baca juga: Pelajari Terapi untuk Bayi Susah Tidur agar Si Kecil Mudah Terlelap!

Ajak berkendara

Saat Bunda dan suami senggang dan buah hati terus rewel, tak ada salahnya untuk berkendara sejenak. Suara mesin mobil dan juga gerakan ketika berada di jalan akan membuat si kecil tenang. Biasanya, tidak butuh waktu lama untuk menidurkannya di dalam mobil. Tapi perlu diingat ya Bunda, perlu berhati-hati dengan pendingin mobil. Suhu yang nyaman untuk bayi adalah 24 hingga 26 derajat Celcius. Jangan memasang suhu terlalu dingin karena akan membuatnya menggigil.

Bungkus dengan selimut

Di masa awal kelahiran, bayi seringkali merasa tidak nyaman karena lingkungan di sekitarnya berubah drastis. Membungkus bayi dengan selimut bisa membantu membuatnya lebih hangat dan merasa aman. Pilih selimut yang cukup lebar, tipis, dan lembut. Bungkus buah hati mulai dari sisi lengan kanan kiri sampai kaki, namun pastikan Bunda tidak melakukannya terlalu erat. Pastikan juga Bunda selalu mendampingi si kecil, sebab berbahaya jika selimut terlepas dan menutupi hidungnya yang membuat buah hati tidak bisa bernapas.

Ganti popok dan baju bayi

Saat bayi rewel susah tidur, Bunda bisa mencoba mengganti popok dan bajunya. Bisa jadi buah hati merasa kurang nyaman karena popoknya basah, atau risih karena kain pakaian yang kurang lembut dan tidak menyerap keringat. Saat tidur, usahakan memakaikan baju yang tidak ketat, tidak memiliki kancing dan resleting, serta tidak tertutup di bagian tangan dan kaki. Usahakan bagian kulit buah hati masih tetap bisa terkena udara agar tidak mengalami biang keringat.

Biarkan sang ayah menggendongnya

Mungkin terdengar aneh, namun faktanya banyak bayi yang langsung diam dan terlelap saat digendong sang ayah. Jadi tak ada salahnya Bunda meminta suami untuk menggendong buah hati yang sedang rewel. Tapi perlu diingat, pastikan sang ayah tidak dalam kondisi lelah atau mengantuk. Ayah juga harus mandi terlebih dahulu jika baru pulang kerja dan berganti pakaian dengan baju yang bersih.Saat bayi rewel susah tidur, Bunda harus bersabar dan jangan lekas emosi. Ingatlah bahwa fase bayi rewel ini tidak akan bertahan lama, karena saat ia sudah makin besar, maka ia menjadi lebih mandiri dan tak lagi bergantung pada orang tuanya. Jadi nikmati masa ini karena Bunda bisa sepuasnya menggendong dan berada di dekat buah hati tersayang. Yang tak kalah penting, selalu sediakan minyak telon Huki yang kehangatannya sebesar kasih sayang Bunda. Minyak telon Huki kini bisa didapatkan di berbagai e-commerce seperti  Lazada, JD.ID, dan Tokopedia.